Kali ini saya akan membagikan cara bagaimana untuk bisa terbang dari Indonesia ke China dengan aman saat Covid-19. Semuanya pasti sudah tahu bahwa penerbangan banyak yang ditutup. Akses keluar masuk ke negara juga terbatas. Karena untuk mengurangi atau menekan kasus penyebaran covid-19 pandemic yang sangat pesat.

Susanan di Soekarno Hatta tempat validasi rapid test

Tapi kalian harus tahu bahwa virus tersebut tidak mampu untuk menginfeksi kita jika kita saling menjaga kebersihan dan kesehatan seperti dengan cara-cara berikut :

  • Membersihkan tangan secara rutin
  • Menggunakan masker
  • Jaga jarak di tempat umum
  • Bawalah hand sanitizer untuk berjaga-jaga apabila tidak bisa mencuci tangan dengan sabun
  • Jika setelah kembali dari luar rumah jangan langsung memeluk atau bersalaman dengan orang di rumah
  • Segeralah mandi dan ganti pakaian yang bersih. Baju yang telah Sobat pakai keluar pisahkan dengan baju kotor yang lain. 

Apa yang Sobat butuhkan?

Baca artikel dalam bahasa English version Travel During Pandemic – How to Flight to China

Persiapkan Passport

Passport merupakan identitas bagi seseorang yang tinggal di luar negeri. Jika kalian belum memiliki paspor, maka kalian bisa membuatnya terlebih dahulu. Untuk berpergian ke China tidak perlu paspor elektronik, cukup menggunakan paspor reguler saja. Jika ingin tahu cara membuat paspor, sobat bisa melihat artikel Cara Membuat Pasport Secara Online dengan Applikasi.

Dapatkan Surat Undangan

Perusahaan atau keluarga yang tinggal di Cina akan memberikan surat undangan sebagai referensi. Biasanya dari surat undangan tersebut bisa langsung untuk mengurus visa. Namun saat pandemi ini, tidak bisa langsung mengurus visa begitu saja.

Dari pihak pemberi undangan kemudian mereka harus mengirimkan ke imigrasi pemerintah China untuk direview. Apakah sobat memang betul-betul perlu untuk datang ke China saat ini. Waktu tunggunya bervariasi, bisa 2 sampai 4 minggu tergantung juga jenis visa yang anda butuhkan. Setelah pemerintah China menyetujui, mereka akan menerbitkan surat undangan yang ada HS code.

Membuat Visa China

Setelah kamu memiliki paspor, surat undangan, persetujuan undangan dan HS code dari pemerintah Cina, saatnya kamu untuk membuat visa. Untuk membuatnya caranya sudah online. Jadi kamu tidak butuh lagi agen atau calo. Cukup masuk ke websitenya, pilih lokasi untuk janji interview, isi formulir,  kemudian pasang foto. Cetak formulir tersebut dan semua berkas dikirim lewat email. Butuhkan waktu 2-3 hari untuk prosesnya. Apabila sobat belum mendapat respon silahkan hubungi nomor telepon yang tertera di dalam website.

Cari Maskapai Charter

Setelah visa Sobat mendapat persetujuan, sekarang gilirannya Sobat untuk mencari jadwal penerbangan. Tapi sayangnya penerbangan reguler saat ini sangat-sangat sulit untuk didapatkan. Oleh sebab itu Sobat harus mencari charter flight. Ada beberapa pilihan maskapai penerbangan yang bisa Sobat gunakan sebagai charter flight. Biaya charter flight umumnya sangat mahal. Bisa dua hingga tiga kali lipat dari harga reguler. Ada juga maskapai yang menyediakan fasilitas hotel karantina sehingga harganya lebih mahal lagi. Dan ada juga yang menyediakan fasilitas SWAB atau PCR tes sebelum keberangkatan. 

Rapid dan SWAB/PCR Test

Rapid test sangat perlu jika Sobat melakukan perjalanan domestik. Sedangkan SWAB atau PCR sangat perlu untuk penerbangan internasional.  SWAB atau PCR adalah metode untuk mengidentifikasi Apakah orang tersebut terinfeksi oleh virus atau tidak. Tes medis akan mengambil sampel dari tenggorokan dan dari hidung. Dan hasilnya positif maka kamu terinfeksi. Sobat akan mendapatkan hasil dalam waktu 1 hari. Namun untuk saya sarankan untuk mengambil paket yang paling cepat yaitu 6 atau 12 jam.

Surat Pernyataan Sehat

Hasil SWAB atau PCR yang negatif dibutuhkan sebagai lampiran surat pernyataan sehat yang di tujukan ke kedutaan. Nantinya pihak kedutaan akan membubuhkan stempel pada surat pernyataan tersebut. Biasanya Sobat menerima kembali surat pernyataan kesehatan bertepatan pada tanggal terakhir validasi hasil lab. Oleh karena itu, pilih jadwal pesawat yang berangkat pada sore atau malam hari. 

Bawa tiket yang telah Sobat beli, hasil lab, surat keterangan sehat yang telah ,mendapatkan stampel kedutaan, paspor dan visa, masker, hand sanitizer. Karena di bandara Cengkarang tidak seramai seperti dahulu, bawalah air minum dan makanan ringan secukupnya. 

Baca juga Treasure Bay Bintan

Daftar Maskapai Cahrter dari Indonesia ke Cina

Berikut adalah daftar maskapai yang menyediakan jasa charter dari iNdonesia ke Cina melalui bandara Soekarno Hatta Cengkareng. 

Airline
Destination
Contact
Sriwijaya AirHangzhou (SJ3184) 08.30 – 16.05
Every Wednesday

Wuhan (SJ3124) 07.00 – 14.00
Every Friday
+62 21 2927977 or
WeChat : evaprimainter
Whatsapp: +62 82366068989
Xiamen AirFuzhou (MF856) 12.50 – 19.10
Every Thursday
+62 21 57948316
jkt@xiamenair.com
China Southern AirlineGuangzhou (CZ388) 07.45 – 14.00
Every Saturday
+62 21 57958222
+62 811113109573
+62 811113109582
info@cs-air.co.id
ticketing@cs-air.co.id
lili@cs-air.co.id
Batik Air / LionNanning (Batik) 13.25
Every Tuesday

Guangzhou (Lion) 17.10
Every Monday

Wuhan (Lion) 11.00
Every Saturday
Batik Air
Phone: (+6221) 633 8345/46
Email: callcenter@batikair.com
+62 85269850602
0804-1-778899

Lion Air
+6221 6379 8000
customercare@lionair.co.id

Walaupun prosedurnya cukup mudah, tetapi sejujurnya yang saya raskan cukup memakan waktu dan tenaga. Jadi Sobat haruas mempersiapkan waktu beberapa minggu sebelumnya. Yang paling penting nanti pada saat SWAB atau PCR test, menunggu stamp surat pernyataan sehat dari kedutaan, dan jadwal pesawat. 

Di Bandara China

Sesampainya di bandara internasional China, Sobat harus mengisi form pernyataan sehat melalui WeChat. Jika tidak punya, maka harus mengisi secara manual. Nanti akan ada petugas yang membantu mengarahkan. 

Setelah mendapatkan stiker nama dan barcode, Sobat harus pergi menuju ke kamera pengukur suhu tubuh. Mereka memiliki batas maksimum 37 derajat Celsius. Lebih dari itu, akan ada pemeriksaan ulang menggunakan termometer biasa selama lima menit. Saran saya, minum air secukupnya supaya tidak dehidrasi, yang bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat. 

Kemudian, Sobat harus pergi ke sebuah ruangan untuk di ambil contoh darahnya dan pengujian SWB di tenggorokan. Petugas akan memberikan sebuah kartu bulat berwarna hijau sebagai tanda Sobat boleh lanjut ke imigrasi check point. 

Di imigrasi Sobat harus mengisi form kedatangan dan mengantri di counter foreigner (warga negara luar). Berika surat undangan untuk mempercepat proses pemeriksaan.

Setelah mendapatkan stamp visa masuk, Sobat harus mengambil bagasi dan di bawa ke x-ray untuk di periksa. Kemudian Sobat menuju ke counter pendaftaran penumpang maskapai yang harus mengikuti karantina selama 14 hari. Pemilihan hotel dilakukan oleh pemerintah setempat, sehingga kita harus menerima dengan bijaksana. Mereka juga menyediakan shuttle bus untuk membawa Sobat ke jhotel tersebut. 

Hotel Karantina

Sesampai di hotel, Sobat harus mendaftar ulang lagi dan membayar sejumlah uang di muka. Biaya hotel sudah termasuk makan 3 kali sehari, SWAB atau PCR, petugas medis selama 14 hari kedepan. Di hotel walaupun ada wifi, tapi susah untuk digunakan. Sehingga Sobat harus mengaktifkan roaming atau membeli SIM card lokal + VPN. VPN berguna untuk membuka akses ke google service. karena pemerintah Cina memblokir banyak situs dan aplikasi lain. 

Peraturan selama karantina sangat ketat. Satu kamar hanya boleh diisi oleh satu orang. Dan Sobat jika berpergian bersama dengan teman atau keluarga, tidak boleh berkunjung ke kamarnya. jika ketahuan, maka akan mendapat bonus penambahan masa karantina. Setiap hari petugas medis akan memerikas suhu tubuh pagi dan sore. Siang hari ada SWAB di tenggorokan. Dan juga ada SWAB atau PCR komplit dilakukan seminggu sekali, termasuk hari terakhir. JIka hari terakhir hasil negatif, maka SObat boleh langsung keluar dari hotel karantina. 

Terbang dari Indonesia ke Cina dengan Aman saat Covid-19
Ditag pada:            

Satu komentar pada “Terbang dari Indonesia ke Cina dengan Aman saat Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *