Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 51 tahun 2020 bahwa masa berlaku paspor Indonesia menjadi 10 tahun. Sebelumnya paspor biasa hanya berlaku selama 5 tahun saja.

Paspor Indonesia

Aturan ini sudah berlaku dan menggantikan Peraturan Pemerintah (PP) No. 31 tahun 2013 sejak 11 September 2020.

Masa Berlaku Paspor 10 Tahun Diatur oleh PP No. 50 tahun 2020

  1. Pasal 51 (1) Masa berlaku paspor biasa paling lama sepuluh (10) tahun sejak tanggal diterbitkan.
  2. Masa berlaku paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya.
  3. Batas usia anak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditentukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, dalam PP terbaru juga mengatur perubahan tentang, Pejabat imigrasi wajib menerbitkan paspor paling lambat 4 hari setelah wawancara sesuai pasal 52. Menjadi, pejabat wajib menerbitkan paling lambat 4 hari setelah pembuat paspor melewati seluruh tahapan penerbitan paspor sesuai pasal 52, yakni pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan paspor, pembayaran biaya paspor, pengambilan foto dan sidik jari, wawancara, serta melalui tahap verifikasi dan ajudikasi.

Pada pasal 32 juga mengatur perubahan tentang tanda masuk orang asing yang pemegang ijin tinggal terbatas dalam rangka kerja juga berlaku dalam ijin tinggal selama visa tersebut valid.

Pemerintah memperluas penerima visa tinggal terbatas kepada seluruh warga asing yang tiba di Indonesia dengan merevisi pasal 106. Sebelumnya, pemerintah hanya memberlakukan kepada orang asing yang sedang melakukan penanaman modal asing, mengikuti pelatihan dan penelitian ilmiah, dan tenaga kerja asing yang bskerja di Indonesia.

Nah, buat Sobat yang belum punya paspor, segera mengurus pembuatan paspornya. Biaya pembuatan paspor masih sama dengan sebelumnya, yaitu Rp350.00,00 untuk non-elektronik dan Rp650.000,00 untuk elektronik. 

Persyaratan pembuatan paspor cukup mudah kok. Sobat hanya perlu menyiapkan dokumen seperti akta lahir/ijasah, e-KTP, KK, buku nikah, materai 6000. Untuk lebih jelasnya, Sobat bisa langsung cek petunjuk pembuatan paspor secara online melalui aplikasi maupun website. 

Info Menarik: Masa Berlaku Paspor Indonesia 10 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *