Sate merupakan kuliner asli Indonesia yang terbuat dari potongan daging kecil yang ditusuk oleh tusukan bambu atau lidi tulang daun kelapa kemudian dibakar diatas bara api arang kayu atau batok kelapa hingga matang dan disajikan dengan bumbu yang bervariasi dari tiap daerah. Umumnya daging yang digunakan adalah ayam, kambing, dan sapi.
Awalnya sate ditemukan di daerah Jawa, kemudian menyebar ke berbagai daerah di seluruh plosok negeri dengan variasi bumbu yang berbeda-beda. Sate juga dapat ditemui di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thiland. Kelezatan Sate Indonesia saat ini juga bisa Sobat nikmati di beberapa tempat di belahan dunia. Seperti di Belanda, Inggris, dan Paris. Jadi tak perlu khawatir kangen masakan Indonesia ketika Sobat tinggal lama di negara lain.
Sate Padang
Sate Padang adalah sate yang terbuat dari daging, jeroan, dan lidah sapi yang di masak dengan rempah-rempah kemudian di bakar dengan bara disajikan dengan kuah kental pedas gurih. Sate Padang juga tak kalah lezatnya dengan Sate Madura dan bisa ditemui dimana-mana.

Sate Padang sendiri memiliki 3 varian dari daerah asalnya :
  1. Sate Padang Pariaman, Sate Padang ini berasal dari Pariaman memiliki warna merah pada daging sate dan bumbunya. Rasa  bumbunya pedas dan gurih. 
  2. Sate Padang Darek, Sate Padang ini berasal dari Padang Panjang. Berbeda warna dengan Sate Padang Pariaman, bumbu  dan dagingnya berwarna kuning karena tambahan kunyit. Rasanya bumbunya gurih dan tidak terlalu pedas. 
  3. Sate Dangung-dangung, Sate ini berasal dari Dangung-dangung. Berbeda dengan kedua sate diatas, daging sate dibalur dengan parutan kelapa dan bumbu yang lebih kental. 

Gurihnya Sate Padang Sutan Mudo 

Dari ketiga varian tersebut saya sering menikmati Sate Padang Pariaman dan Sate Padang Darek. Salah satunya adalah di Kedai Sate Padang Sutan Mudo yang terletak di kawasan PKL Jalan Tiban I – Tiban Indah. Kedai berada di antara Bank Mandiri dan Bank BNI Tiban. Kedai ini buka dari jam 6 malam hingga stok habis. Sejak kemarin malam, 21/08/16, launching perdananya dengan promo beli 2 porsi gratis 1 porsi saat jam 9 malam sudah habis diserbu pembeli. Beruntung saya yang datang terakhir masih kebagian jatah. Promo tersebut berlaku sampai hari ini 22/08/16.

Sate Padang Sutan Mudo merupakan cabang kedai sate yang ada di Pangkal Pinang, Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Sate Padang yang disajikan merupakan varian dari Sate Padang Pariman yang berbumbu merah. Rasa pedas gurihnya cocok dengan lidah saya dan istri saya. Menu yang disajikan tidak hanya sate ayam dan sapi saja, ada juga sate ayam bakar dan sate iga bakar. Kedepan akan ditambah lagi menu baru yaitu sate lidah dan sate babat.

Untuk harga seporsi Sate Padang Sutan Mudo ini terbilang sangat pas di kantong. Dengan harga Rp14.000 sudah bisa menikmati 5 tusuk sate dengan potongan daging besar lengkap dengan lontong.

Menurut Doni, pemilik kedai sate ini mengaku belum bisa menerima delivery order karena personil yang masih terbatas. Namun Sobat bisa melakukan pesanan bila ingin membeli tanpa harus menunggu atau mengantri dengan telepon ke no hp 085374051981 (Ummy Adzka).    
   

Update (13/09/2016)
Sekarang Sate Padang Sutan Mudo sudah bekerja sama dengan Wakjek untuk pelayanan WakFood. Jadi Sobat tidak perlu lagi jauh-jauh datang dan mengantri. Cukup klik pesan antar bayar. 🙂

Gurihnya Sate Padang Sutan Mudo di Batam

Satu komentar pada “Gurihnya Sate Padang Sutan Mudo di Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *