Treasure Bay Bintan adalah sebuah tempat wisata yang lagi hits di Pulau Bintan. Menyuguhkan keindahan laguna sejernih kristal, resort yang unik, dan atraksi yang seru dengan total luas 338 hektar. Tempat ini bagaikan oase di Puau Bintan dimana semua manusia berkumpul untuk refreshing. Walaupun Pantai Trikora juga memiliki air yang jernih dan biru, namun di sini  dijamin kapanpun Sobat berkunjung kejernihan dan warna biru toskanya tidak berubah oleh cuaca. 
Terletak di Kawasan Wisata Lagoi, Teluk Sebong, Pulau Bintan, Indonesia. Ada beberapa alternatif untuk menuju ke sini. Apabila dari Batam, Sobat bisa menggunakan jasa angkutan penyebrangan dari Pelabuhan Tg. Punggur menuju ke Pelabuhan Tg. Uban. Bisa juga menuju ke Pelabuhan Tg. Pinang tetapi jarak tempuh di darat sangat jauh. Dari Tg. Uban menggunakan angkutan darat menuju ke Lagoi mengikuti arah petunjuk jalan saja sampai terlihat pintu masuk Kawasan Wisata Lagoi. Dari sini jalan lurus saja hingga ke pertigaan nanti belok ke kiri. Jalan terus hingga bertemu patung badak di depan kawasan Treasure Bay. Saya rekomendasikan untuk sewa mobil atau menggunakan kendaraan pribadi karena di Lagoi tidak ada angkutan umum. Sedangkan bila Sobat dari Singapura, dari Pelabuhan Tanah Merah tujuan Lagoi. Nanti Sobat bisa menggunakan jasa rental mobil untuk diantarkan dari Pelabuhan Lagoi ke Treasure Bay. 
Wisatawan yang datang ke Treasure Bay mayoritas wisatawan domestik dari Pulau Bintan dan Pulau Batam. Namun tak sedikit juga ditemui wisatawan asing yang berkunjung kesini dari hotel dan resort disekitar. Karena hampir semua hotel dan resort di Pulau Bintan memberikan penawaran ekslusif untuk mengunjungi Treasure Bay sebagai ajang promosi mereka.
 
Laguna
Laguna ini merupkan ikon yang menjadi daya tarik utama wisatawan untuk datang. Mengapa? Karena ada beberapa fakta menarik dari laguna ini :
  1. Nomor satu di Asia Tenggara.
  2. Memiliki panjang 740 meter dengan luas laguna 6.3 hektar diisi oleh air asin dengan volume 115.060m3 atau 115.060.000 liter.
  3. Teknologi ramah lingkungan dengan 100x lebih rendah penggunaan bahan kimia daripada kolam renang konvensional.
  4. Konsumsi energi hanya 2% dari sistem filtrasi kolam renang konvensional.
  5. Teknologi inovasi Crystal Lagoon adalah berkelanjutan dan aman bagi lingkungan, sehingga sumber daya yang terbatas (air dan listrik) dimanfaatkan secara efisien. Karena menggunakan siklus tertutup, air akan ditambahkan akibat penguapan air saja.  
Resort
Di dalam kawasan Treasure Bay sudah terdapat penginapan bernama The Canopi yang memiliki desain unik berupa tenda dengan interior hotel tentunya. Beberapa kamar sudah dilengkapi jakuzi yang membuat tamu menjadi dimanjakan. Konsep hotel ini adalah adventure camp and luxuries mengingatkan wisatawan pada era penjelajah abad 18.  
The Canopi memiliki 40 tenda terdiri dari 18 tenda safari, 11 tenda akses ke laguna, dan 11 tenda jakuzi. Semua tenda sudah dilengkapi AC dan memiliki luas ruangan 37m2. Setiap tenda bisa dihuni oleh 3 orang dewasa. Keseluruhan total area The Canopi sendiri 2 hektar yang terletak di sebelah timur laut laguna. Di sisi timur terdapat lobby dan The Patio Bar & Restaurant yang dibuka untuk umum.

Atraksi
Atraksi yang bisa dimainkan di sini mayoritas adalah olahraga air seperti:

  • Jetovator Ride
  • Water Sports Park
  • Water ZOVBing
  • Aqua Glide Sailing
  • Water Tricycle
  • Bumper Boat Ride
  • Stand Up Paddle
  • Kayaking
  • Wake Park
  • dll..

Bila sobat tidak tertarik dengan permainan air, ada beberapa permainan darat seperti:

  • Segway Rides
  • Electric Scooters
  • Kahuna Long Stick Paddle Board
  • Trike Bike
  • ATVs
  • dll
Untuk masuk ke Treasure Bay ada dua tahap. Pertama di depan gedung, Sobat akan bertemu petugas keamanan yang  memeriksa barang bawaan pengunjung satu persatu. Karena dilarang keras membawa makanan atau minuman dari luar. Kedua, di dalam gedung, Sobat akan bertemu dengan ticket corner dimana Sobat harus membayar tiket masuk seharga Rp20.000 dan wajib membeli voucher Rp80.000 yang bisa di pakai untuk bermain atraksi atau makan di Patio Bar & Restaurant. Dipakai atau tidak voucher tersebut akan hangus. Sobat juga dipinjami sebuah jam tangan RFID yang berisikan voucher tersebut dan menitipkan deposit Rp40.000 untuk satu kelompok. Jadi jangan sampai hilang jam tersebut ya.. Setelah membeli tiket masuk, Sobat bisa masuk dan puas-puasin keliling laguna atau berenang sepanjang 740 meter. 😀
Small & Happy Family

Harga makanan dan minuman di The Patio Bar & Restaurant terbilang mahal (ini resort bukan kaki lima ya) jadi siap-siap bawa dompet tebal kalau mau beli disini. Bagi Sobat yang berkantong tipis ada pilihan food court di sebelah kiri pintu masuk. Makanannya juga bervariasi. Namun Sobat tidak bisa menggunakan voucher di sini.
Suhu rata-rata permukaan kulit 35,2oC. Kalau jam di lepas mungkin bisa lebih dari 40oC

Oh iya, air di laguna ini selain tidak terlalu asin juga rendah kaporit sepertinya. Karena ketika kami coba menyelam sambil membuka mata tidak terasa perih. Bahkan pandangan seperti sedang menggunakan kacamata renang.
Gara-gara datang kesini kesiangan jadinya kami hanya berteduh di bawah pohon sambil main hammock. Saat itu termometer di jam saya menunjukan suhu 35,2oC yang berarti suhu rata-rata permukaan kulit. Apabila jam tersebut saya lepas suhunya langsung naik mengikuti suhu lingkungan.  Dan kami baru berenang di Laguna jam setengah tiga sore setelah makan di The Patio karena suhunya sudah tidak terlalu panas lagi. Akibatnya sepulang dari sini langsung hitam dan kepala pusing efek panas yang berkepanjangan.
Treasure Bay Bintan

Satu komentar pada “Treasure Bay Bintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *