Jazz Gunung adalah sebuah pertunjukan musik jazz yang diadakan di atas gunung dengan memadukan alam, musik, dan manusia. Digelar secara sederhana dengan panggung terbuka hanya beratapkan langit dan latar alam yang indah. Beberapa ornamen tradisional juga turut dipasang untuk memberikan sentuhan harmonis. Acara ini berbeda dari pertunjukan musik lainnya karena untuk membangkitkan kecintaan manusia terhadap kearifan alam khususnya alam pegunungan. 
Jazz Gunung digagas oleh tiga orang yang cinta terhadap seni dan gunung yaitu Sigit Pramono, Butet Kartaredjasa, dan Djaduk Ferianto. Merekalah yang telah bertahun-tahun menjadi penggerak untuk menikmati musik secara berbeda di Gunung. 
Jazz Gunung pada tahun 2016 ini akan diadakan di dua tempat yaitu di Gunung Bromo, Probolinggo dan di Gunung Ijen, Banyuwangi. 
Jazz Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan gunung vulcanik yang berada di tengah kaldera lautan pasir seluas 10 kilometer persegi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Puncak Gunung Bromo terletak pada ketinggian 2.329 mdpl. Gunung Bromo menjadi daya tarik nomer 1 di Jawa Timur bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Gunung Bromo dianggap suci oleh masyarakat Suku Tengger yang menganut keyakinan Hindu Jawa. Setiap malam purnama pada bulan Kasada (bulan kesepuluh kalender Jawa) diadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo.
Doc Jazz Gunung
Acara Jazz Gunung Bromo 2016 akan diadakan pada tanggal 19 – 20 Agustus 2016 di Amfiteater Jiwa Jawa Resort Bromo, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Karena bertepatan dengan suasana 17an, maka tema Jazz Gunung Bromo 2016 adalah “Pesta Merdeka di Puncak Jazz Raya”.
Ijen Summer Jazz
Gunung Ijen merupakan gunung vulcanik dengan kawah belerang terasam dan terbesar di dunia. Saking asamnya, warna air di kawahnya sangat cantik. Di dasar kawah akan dijumpai fenomena blue fire atau si api biru yang akan terlihat jelas bila Sobat datang ke puncak saat matahari belum terbit. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dengan kawah seluas 5.446 ha dan kedalaman danau mencapai 200m. 

Kawah Ijen dengan danau terasam di dunia

Ijen Summer Jazz 2016 merupakan acara Jazz pertama yang diadakan di Gunung Ijen. Melihat sukses yang telah taercapai di Gunung Bromo selama 7 tahun, maka mereka mencoba untuk mengangkat pariwisata dan perekonomian di sekitar gunung Ijen. Acara ini akan berlangsung 3 kali dalam 4 bulan yaitu pada tanggal 30 Juli, 10 September, dan 22 Oktober 2016. Di selengarakan di panggung terbuka Jiwa Jawa Resort Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Pengunjung yang bisa menikmati Ijen Summer Jazz 2016 hanya terbatas untuk 300 orang saja. Karena tempat yang terbatas, pengunjung bisa berinteraksi langsung tanpa batas dengan para musisi di panggung. 
Tertarik untuk menikmati Jazz di puncak gunung dan di atas awan? Sobat bisa melakukan pembelian tiket sejak sekarang melalu website resmi Jazz Gunung.  Tersedia pilihan untuk pembelian tiket saja atau tiket beserta akomodasi. Selamat menikmati musik negeri di atas awan. 🙂
Jazz Gunung 2016 di Jawa Timur

Satu komentar pada “Jazz Gunung 2016 di Jawa Timur

  • September 3, 2016 pada 12:56 am
    Permalink

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *