Paspor merupakan identitas yang wajib dimiliki setiap orang yang hendak melakukan perjalana keluar negeri. Kalau di Indonesia kita pakai KTP saja sudah cukup. Kalau di luar negeri, KTP tidak berlaku karena negara lain tidak ada mempunyai database kependudukan. Oleh sebab itulah paspor diberlakukan. 
 

Berkas – berkas yang dibutuhkan untuk mengurus paspor :
  1. Fotokopi KTP depan dan belakang di kertas A4 perbesar 400% ( 1 halaman muat bagian depan dan belakang) beserta aslinya,
  2. Fotokopi KK beserta aslinya,
  3. Fotokopi Akte Lahir atau ijasah beserta aslinya,
  4. Formulir registrasi.
Prosedur membuat paspor ada dua cara, secara manual dan online. Kalau manual Sobat harus registrasi ke Kantor Imigrasi terdekat untuk menyerahkan berkas-berkas yang di butuhkan, kemudian melakukan pembayaran di Bank BNI, terus kembali lagi ke kantor Imigrasi tersebut untuk memverivikasi data dan penjadwalan interview serta foto. Barulah paspor akan di ambil setelah 7 – 10 hari kerja setelah interview tadi. Yang perlu di ingat, yang bikin lama adalah antri dalam tiap tahapan.
Kalau prosedurnya secara online, akan lebih mudah lagi karena tidak harus mondar-mandir ke kantor imigrasi dan mengantri lama. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Registrasi secara online website resmi berikut https://ipass.imigrasi.go.id:9443/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml kemudian pilih “Pra Permohonan Personal”.  Isi data diri sobat sesuai dengan KK dan KTP yang masih berlaku. 
  2. Verifikasi permohonan akan dikirim ke email yang telah didaftarkan. Klik link yang terdapat di email untuk melanjutkan proses ke pembayaran dan print file bukti registrasi untuk melakukan pembayaran di Bank BNI. 
  3. Setelah melakukan pembayaran, Sobat akan disuruh untuk memasukkan nomor pengajuan ke dalam link tersebut. 
  4. Konfirmasi tanggal kedatangan, Sobat tinggal memilih tanggal yang tersedia di sana.  Kemudiaan Sobat akan menerima email konfirmasi undangan untuk interview dan foto.  Print lampiran tersebut sebagai persyaratan.
  5. Terkahir, Sobat tinggal datang sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. 
Tips:
Datanglah 1 jam sebelum jam operasional untuk mengantri nomor urut dan siapkan semua berkas yang di perlukan. Apabila ada berkas yang kurang, di takutkan Sobat harus mengulang antrian atau kembali di hari berikutnya. 
Untuk mengurus paspor anak atau bayi biayanya sama dengan dewasa, yaitu Rp355.000 untuk 48 halaman. Hanya persyaratannya di tambah fotokopi paspor kedua orang tua dan buku nikah beserta aslinya.

Membuat Paspor Online

Satu komentar pada “Membuat Paspor Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *