Masih lanjutan dari postingan saya sebelumnya Hindari Liburan ke Singapura Saat Long Week End, Kami pergi ke Botanic Garden karena Istri saya bilang disana ada taman anggreknya loh. Tak perlu pikir panjang lagi saya langsung setuju pergi kesana. Why? saya hobi dengan tanaman apalagi kalau sama anggrek yang kata orang susah berbunganya. Tapi ketika sudah berbunga, bunganya awet dan cantik-cantik. Saya juga ingin tahu seperti apa mereka menanamnya.

Perjalanan dari Harbourfront ke Botanic Gardeng menggunakan MRT kurang lebih 10 sampai 15 menit saja. Biayanya saya lupa karena saya pakai Eazy Link Card sebagai alat pembayaran yang bisa di isi ulang seperti kartu telpon. Keluar dari MRT station sudah dikejutkan dengan  2 jenis anggrek tanah. Yang pertama seperti alang-alang berbunga kuning mungkin jenis Cymbidium yang satunya lagi seperti bambu berukuran kecil bunganya putih berlidah ungu jenis Arundina.

Makin takjub lagi ketika kami masuk ke gerbang dan bertanya cara tercepat menuju ke Orchid Garden kepada petugas yang berjaga. Mereka menjawab sambil tertawa “Use bus eleven, hahahaha”. What? sambil melongo melihat peta lokasi yang mau gak mau harus di tempuh. Sesuai petunjuk kurang lebih 1.6km jalan kaki.
Sebenarnya banyak tempat yang harus di kunjungi namun mempertimbangkan tujuan utama kami untuk melihat bunga sakura yang lagi mekar di Garden Bay The Bay, maka kami bergegas menggunakan bus no 11 munuju ke Orchid Garden. Kontur jalan gak mulus ada jalan naik turun juga sehingga menguras banyak tenaga. Belum lagi panas khas hutan tropis berasa lagi jungle tracking beneran 😀
Untuk masuk ke National Orchid Garden dikenakan tiket SGD 5 per orang dewasa. Kawasan Taman ini memiliki luas sekitar 3 hektar di huni oleh mayoritas anggrek dari berbagai spesies ( namanya juga taman anggrek). Para ahli botani melakukan perbanyakan spesies anggrek yang dikenal dengan anggrek hybrid. Saya masih belum bisa menghafalkan atau membedakan morfologi spesies secara rinci. Yang saya tahu cuma tanaman ini eksotis. Mungkin di sini ada ribuan koleksi yang beberapa diantaranya dapat saya ambil gambarnya (gak cukup waktu untuk blusukan sama si kecil).
Di pertemuan antara pintu masuk dan pintu keluar ada toko merchandise berbahan dasar anggrek, produknya mulai dari kartu ucapan, gantungan kunci, hiasan rak, hingga perhiasan berlapis emas. Istri saya langsung berhenti di stand perhiasan tersebut sambil menunggu sponsor. 😀





Ini Anggrek juga loh… Miss Joaquim (Bunga Nasional Singapura)


Berbagai Spesies Anggrek Dibalut Kemewahan Emas

   

Menikmati Taman Anggrek di Singapore Botanic Garden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *